Logo Bloomberg Technoz

Apple PHK 600 Karyawan Imbas Penghentian Proyek Mobil

News
05 April 2024 11:20

Logo Apple.
Logo Apple.

Mark Gurman - Bloomberg News

Bloomberg, Apple Inc telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap lebih dari 600 karyawannya di California. PHK ini dilakukan sebagai bagian dari keputusan untuk menghentikan proyek mobil dan pengembangan layar pintar mereka. 

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California tersebut, mengajukan delapan laporan terpisah kepada pemerintah negara bagian untuk mematuhi program Pemberitahuan Penyesuaian dan Pelatihan Ulang Pekerja (Worker Adjustment and Retraining Notification atau WARN). Program ini mewajibkan perusahaan untuk mengajukan laporan ke badan negara bagian terkait dengan lokasi di California yang terdampak PHK.

Berdasarkan laporan tersebut, setidaknya 87 karyawan yang terkena PHK bekerja di fasilitas rahasia Apple yang berfokus pada pengembangan layar generasi terbaru. Sementara sisanya bekerja di gedung-gedung yang terkait dengan proyek mobil.

Keputusan penghentian kedua proyek tersebut diambil pada akhir Februari lalu. Proyek-proyek ini sebelumnya dianggap sebagai upaya ambisius Apple untuk memajukan teknologi mereka atau memasuki area bisnis baru yang besar. Proyek mobil dibatalkan karena ketidaktegasan para eksekutif mengenai arah pengembangan dan masalah biaya. Sedangkan program layar pintar dihentikan karena tantangan di bidang teknik, pemasok, dan biaya.