Logo Bloomberg Technoz

Nvidia Bangun Pusat Teknologi AI di Solo Bernilai Rp3 T

Redaksi
05 April 2024 10:55

Nvidia. (Dok: Bloomberg)
Nvidia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie menjelaskan rencana pembangunan pusat teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) oleh perusahaan Nvidia Corp di Solo Technopark, Jawa Tengah, dengan membawa komitmen investasi sekitar Rp3 triliun.

Diketahui Nvidia telah menjalin kesepakatan dengan mitra lokal, Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (ISAT) untuk membangun pusat AI di Kota Solo pada Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona pada akhir Februari.

Pembangunan yang rencananya dimulai tahun 2024 erat kaitannya dengan mewujudkan Indonesian Artificial Intelligence Nation atau Pusat Kecerdasan Artifisial (AI).

Budi Arie menambahkan bahwa konsep pembangunan pusat AI bermuara pada infrastruktur telekomunikasi dan sumberdaya manusia atau talenta digital. 

“Sudah disampaikan Pak Vikram Sinha [CEO Indosat Ooredoo] ke Pak Wali Kota Solo [Gibran Rakabuming Raka] bahwa Indosat [Indosat Ooredoo] dan Nvidia komitmen untuk investasi dalam bentuk infrastruktur dan peningkatan sumberdaya manusia. (Kenapa di Solo) karena SDM-nya bagus, kondisinya siap, ada 5G juga disana,” kata Budi Arie dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (5/4/2024).