Logo Bloomberg Technoz

Bank Sentral China Fokus pada Masalah Ekonomi Jangka Pendek

News
03 April 2024 19:50

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral China berjanji untuk mendapatkan lebih banyak dari kebijakan pro-pertumbuhan yang ada saat ini, mengakui bahwa ekonomi menderita karena permintaan yang lemah dan sentimen yang suram meskipun ada beberapa tanda perbaikan tahun ini.

Perekonomian China "masih menghadapi tantangan seperti permintaan efektif yang tidak mencukupi dan ekspektasi sosial yang relatif lemah," kata People's Bank of China (PBOC) dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan kuartalan komite kebijakan moneter.

"Kami akan memberikan perhatian lebih pada implementasi penyesuaian kontra-siklus," kata PBOC, mengutip sebuah frase yang biasanya digunakan untuk langkah-langkah dalam mengatasi volatilitas jangka pendek dalam perekonomian.

Dalam tanda lain bahwa prospek jangka pendek menjadi perhatian pihak berwenang, bank tersebut menghapus referensi untuk "penyesuaian lintas siklus" yang ada dalam pernyataan setelah pertemuan terakhirnya. Itu adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kebijakan yang ditujukan untuk mengatasi masalah struktural jangka panjang.