Logo Bloomberg Technoz

Profil Sidrap 1, PLTB Terbesar Dicaplok Prajogo Pangestu via BREN

Dovana Hasiana
04 April 2024 05:00

Ilustrasi PLTB./dok. Kementerian ESDM
Ilustrasi PLTB./dok. Kementerian ESDM

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap 1 baru saja diakuisisi dengan nilai US$102,2 juta atau sekitar Rp1,62 triliun oleh PT Barito Wind Energy, anak usaha PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) milik taipan Prajogo Pangestu.

Terletak di Sulawesi Selatan, Sidrap merupakan pembangkit listrik tenaga angin atau bayu perintis di Indonesia dengan kapasitas 75 megawatt (MW) dan termasuk yang terbesar di negara ini.

PLTB Sidrap 1 —yang juga merupakan pembangkit bertenaga angin skala komersial pertama di Tanah Air — berlokasi di Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Pembangkit ini mulai beroperasi komersial sejak 5 April 2018, menurut catatan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Adapun, pembangunannya digarap dalam 2,5 tahun sejak Agustus 2015 hingga Maret 2018.

Generator penghasil listrik dari tenaga angin. (Dok: Bloomberg)


Mengutip laman Kementerian ESDM, PLTB Sidrap 1 dirancang untuk melistriki lebih dari 70.000 pelanggan dengan daya 900 volt ampere (VA).