Logo Bloomberg Technoz

Taktik PLN Cegah Listrik 'Byarpet' Saat Libur Lebaran

Dovana Hasiana
03 April 2024 13:20

Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)
Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta — PT PLN (Persero) mengantisipasi risiko terjadinya pemadaman listrik (blackout) saat periode libur dan cuti bersama Idulfitri 1445 H/Lebaran 2024. 

VP Pengendalian Operasi Sistem Ketenagalistrikan PLN Nurdin Pabi menjelaskan antisipasi dilakukan dengan melibatkan tiga aspek, yakni teknis, manajemen infrastruktur, serta sumber daya manusia (SDM).

“Risiko antiblackout, ini sudah jadi perhatian kami dan atas dorongan kementerian juga yang membina kami. Kami di PLN ada program antiblackout, melingkupi aspek end to end mulai dari hulu ke hilir semua aspek yang terkait dengan listrik sudah masuk program ini,” ujar Nurdin saat ditemui di kantor BPH Migas, Rabu (3/4/2024).

Adapun, antisipasi yang dilakukan adalah program pemeliharaan (maintenance) dan program pengujian khusus untuk pembagkit. Selain itu, perseroan juga menyiapkan fasilitas emergensi dan memastikan fasilitas pemulihan bisa berfungsi dengan baik.

Petugas PLN (Dok web.pln.co.id)

Seiring dengan itu, Nurdin mengatakan, PLN menyiapkan dan memperbaiki standar operasi prosedur atau standard operating procedure (SOP) serta meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM).