Logo Bloomberg Technoz

Marak Penyelewengan SPBU, Pertamina Cek Sampel BBM Tiap Hari

Dovana Hasiana
02 April 2024 05:00

Petugas mengisi BBM jenis Pertamax di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang-Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Petugas mengisi BBM jenis Pertamax di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang-Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina Patra Niaga, subholding commercial and trading PT Pertamina (Persero), memastikan telah melakukan pengecekan kepada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) miliknya untuk memastikan kesesuaian kualitas dan kuantitas bahan bakar minyak (BBM) yang disalurkan kepada masyarakat.

VP Corporate Communication Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan pengecekan kualitas dilakukan melalui pengecekan sampel dari SPBU setiap hari.

“Ketika sampai di SPBU akan ambil sampel untuk memastikan bahwa BBM sesuai dengan kualitas. Setiap pagi kami meminta setiap SPBU untuk mengambil sampel dari setiap dispenser untuk memastikan kualitas tepat sesuai spesifikasi untuk salurkan kepada konsumen,” ujar Irto saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (1/4/2024).

Perseroan juga bekerja sama dengan Dinas Metrologi untuk memastikan kuantitas penyaluran BBM sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Selain itu, perseroan juga memiliki auditor independen yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan secara acak (random checking) terhadap SPBU untuk memastikan takaran sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Petugas bekerja di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang-Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)