Logo Bloomberg Technoz

10 Bahan Pangan yang Paling Rawan Naik Drastis Jelang Ramadan

Pramesti Regita Cindy
01 April 2024 13:00

Pedagang melayani pembeli di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (25/3/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pedagang melayani pembeli di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (25/3/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mewaspadai potensi lonjakan harga 10 komoditas pangan pada pekan terakhir Ramadan di beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia. 

Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Balaw mengungkapkan, sejauh ini, tiga besar komoditas pangan yang menguasai puncak indeks perkembangan harga pangan pada pekan ke-4 Maret adalah telur ayam ras yang mengalami kenaikan harga di 297 daerah kabupaten/kota. 

Kemudian, bawang putih di 273 kabupaten/kota, disusul minyak goreng dan besar di 267 dan 266 daerah kabupaten/kota.

"Beras pun [naik] 266 [daerah] dan masih merangkak naik walaupun kenaikannya tidak signifikan," kata Tomsi dalam Apel Siaga Pengamanan Pasokan & Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024 yang juga diadakan secara hybrid, Jakarta, Senin (1/4/2024). 

"[Harga] gula pasir [naik] di 217 [daerah], bawang merah 190 [daerah], cabai juga masih mewarnai. Oleh karena itu kepada rekan-rekan Forkopimda [forum untuk menunjang kelancaran pelaksanaan urusan pemerintahan umum] yang ikut hadir, yang ikut mendengarkan, agar betul-betul memahami komoditas yang naik dan melakukan upaya-upaya," jelasnya.