Logo Bloomberg Technoz

BMKG: Ini prakiraan Cuaca Sepekan ke Depan

Redaksi
30 March 2024 10:30

Warga berjalan saat cuaca panas di Jakarta, Selasa (19/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Warga berjalan saat cuaca panas di Jakarta, Selasa (19/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami hujan lebat dalam sepekan ke depan. Kondisi cuaca tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor. 

Dari faktor global menunjukkan bahwa kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia dipengaruhi oleh aktivitas gelombang atmosfer rosbi ekuatorial terutama di wilayah Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi bagian Tengah dan Papua bagian Selatan.

Sementara itu, gelombang atmosfer Kelvin diprediksi aktif di wilayah Sumatera bagian Tengah, Kalimantan bagian Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara dalam sepekan ke depan.

Selain itu, dari faktor regional daerah konvergensi terpantau memanjang dari Kalimantah Barat, Sulawesi Tengah, Papua barat, dan Papua bagian Tengah.

"Daerah pertemuan angin terpantau di pesisir barat sumatera dan maluku hingga papua. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluen tersebut," demikian menurut info BMKG, Sabtu (30/4/2024).