Logo Bloomberg Technoz

Banjir di Jawa Tengah, BNPB Siapkan Operasi Modifikasi Cuaca

Redaksi
15 March 2024 19:00

Tim gabungan mengevakuasi warga terdampak banjir di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/3). (FOTO: BPBD Kota Semarang)
Tim gabungan mengevakuasi warga terdampak banjir di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/3). (FOTO: BPBD Kota Semarang)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan strategi respon cepat untuk mengurangi potensi dan semakin parahnya bencana hidrometeorologi di sepanjang Pantai Utara Jawa (pantura), khususnya bagian Jawa Tengah.

BNPB rencananya akan kembali melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) jilid 2. Operasi yang sama sempat berhasil untuk mengurangi curah hujan di wilayah hulu yang memicu banjir di Kabupaten Demak, bulan lalu.

“Pada dasarnya dengan melihat potensi prakiraan cuaca dan masifnya dampak bencana, maka diputuskan akan dilaksanakan TMC di area Pantura Jawa Tengah,” kata Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB, Agus Riyanto, Jumat (15/3/2024).

Rencananya, kata dia, operasi modifikasi cuaca akan dimulai pada Sabtu-Rabu (16-20/3/2024). BNPB akan menggandeng Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta sejumlah lembaga negara lainnya.

“Areanya kita perluas. Karena ini dampaknya lebih besar dari yang kemarin. Mencakup Pekalongan, Grobogan, Demak juga,” jelas Agus.

Foto udara area terdampak banjir di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (15/3). (BPBD Kabupaten Grobogan)