Logo Bloomberg Technoz

Investor Asing Tanya Sistem Pajak Prabowo, Ini Jawaban Airlangga

Redaksi
30 March 2024 10:00

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024. (Youtube PerekonomianRI)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024. (Youtube PerekonomianRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah investor Singapura bertanya terkait sistem perpajakan dalam kabinet baru yang akan dipimpin oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto pada 2024-2029 mendatang. 

Pertanyaan disampaikan kepada Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto di sela-sela penyelenggaraan Indonesia-Singapore Business Forum 2024 di Singapura beberapa waktu lalu.

Menjawab pertanyaan tersebut, Airlangga memberikan ilustrasi tentang gagasan pembentukan lembaga perpajakan yang terpisah dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Saat ini otoritas perpajakan berada pada Direktorat Jenderal di bawah Kementerian Keuangan. Otoritas Perpajakan dapat saja terpisah menjadi lembaga tersendiri yang berada langsung di bawah Presiden, untuk menyeimbangkan checks and balances,” ujar Airlangga kepada para pengusaha asal Singapura di forum terbatas.

Pada dasarnya, pertemuan dilakukan untuk berdiskusi dan berbagi informasi mengenai berbagai peluang dan potensi usaha dan investasi, serta tantangan ke depannya.