Logo Bloomberg Technoz

UNESCO Akui Idul Fitri & Idul Adha Sebagai Hari Besar Keagamaan

Azura Yumna Ramadani Purnama
29 March 2024 20:00

Ilustrasi kumpul keluarga saat lebaran / 1
Ilustrasi kumpul keluarga saat lebaran / 1

Bloomberg Technoz, Jakarta - United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) resmi mengakui hari raya Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari besar keagamaan. 

Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan, sebelumnya Indonesia mengajukan usulan agar hari raya tersebut diakui sebagai hari besar keagamaan. Pada akhirnya usulan tersebut didukung lebih dari 30 negara.

“Alhamdulillah, atas usulan Indonesia, dan didukung lebih dari 30 negara, UNESCO telah mengakui Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha sebagai Hari Besar keagamaan,” tulis KNIU Kemdikbud pada unggahannya di platform Instagram, dikutip Jumat (29/3/2024).

Duta Besar Indonesia untuk Paris merupakan delegasi tetap RI untuk UNESCO, serta turut menyampaikan usulan tersebut pada sidang ke-219 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris. Usulan itu disetujui secara aklamasi dan diadopsi sebagai hasil keputusan sidang.

“Indonesia menjabat sebagai anggota Dewan Eksekutif UNESCO periode 2023-2027, pasca terpilih pada pemilihan Konferensi Umum UNESCO ke-42 bulan November 2023 lalu,” tulis KNIU Kemdikbud.