Logo Bloomberg Technoz

Netanyahu Klaim Israel Tak Punya Pilihan Selain Serang Rafah

Redaksi
28 March 2024 16:40

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Tel Aviv, Israel, Senin (10/4/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Tel Aviv, Israel, Senin (10/4/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada sekelompok anggota Kongres AS bahwa "kemenangan" di Gaza dan "mendapatkan" pemimpin senior Hamas di daerah kantong itu hanya "tinggal beberapa minggu lagi."

Melansir CNN, Kamis (28/3/2024), berbicara kepada sebuah kelompok bipartisan dari Kongres pada Rabu, Netanyahu mengatakan: "Kami telah membunuh banyak pemimpin senior [Hamas], termasuk orang nomor empat di Hamas, orang nomor tiga di Hamas. Kita akan mendapatkan nomor dua dan nomor satu. Itu adalah kemenangan. Kemenangan sudah dalam genggaman. Tinggal beberapa minggu lagi."

Menjamu delegasi kongres, yang menurut Kantor Perdana Menteri diorganisasi oleh kelompok lobi pro-Israel American Israel Public Affairs Committee (AIPAC), di Yerusalem, Netanyahu mengatakan bahwa "sangat penting untuk mempertahankan dukungan bipartisan" tetapi "terutama di masa-masa sulit ini."

Netanyahu mengatakan bahwa Israel "tidak punya pilihan lain" selain pindah ke Rafah karena "eksistensi negara itu sedang dipertaruhkan."

Netanyahu mengatakan bahwa sejak serangan Hamas 7 Oktober, Israel telah menikmati "keselarasan yang luar biasa" dengan pemerintahan Biden, tetapi memiliki pandangan yang berbeda secara fundamental tentang langkah Israel ke Rafah.