Logo Bloomberg Technoz

Israel telah menghadapi kecaman dari dunia internasional menjelang serangan yang direncanakannya ke kota Gaza selatan, tempat lebih dari satu juta orang saat ini berlindung.

Netanyahu sebelumnya mengatakan kepada delegasi bahwa warga Palestina yang mengungsi di Gaza dapat "pindah" dari Rafah dan "pindah dengan tenda-tenda mereka."

"Ada seluruh Jalur Gaza di utara Rafah," kata Netanyahu. "Orang-orang bergerak ke bawah, mereka bisa bergerak ke atas," tambah sang perdana menteri.

Ketidaksepakatan mengenai invasi yang akan datang ke Rafah dan bencana kemanusiaan yang semakin memburuk di Gaza telah membuat hubungan antara Netanyahu dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berada di titik terendah.

Awal pekan ini, Netanyahu membatalkan rencana kunjungan delegasi pemerintah ke Washington sebagai protes atas abstainnya AS dalam pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB, yang memungkinkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza disahkan.

Keputusan Netanyahu untuk membatalkan pertemuan Rafah menyebabkan perpecahan baru dengan Biden.
Resolusi yang diusulkan oleh 10 anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB itu menuntut gencatan senjata segera selama bulan Ramadan, pembebasan sandera dengan segera dan tanpa syarat, serta "kebutuhan mendesak untuk memperluas aliran" bantuan ke Gaza.

Dalam pertemuan pada Senin dan Selasa, para pejabat senior AS dan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant belum mencapai kesepakatan tentang bagaimana Israel akan bergerak maju dengan operasi di Rafah, tetapi kedua belah pihak telah sepakat untuk melanjutkan diskusi pada tingkat kerja dalam beberapa hari dan minggu mendatang, kata para pejabat AS dan Israel kepada CNN.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan, dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan kepada Gallant bahwa Israel perlu menemukan opsi "alternatif" untuk serangan besar ke Rafah, yang akan membahayakan warga sipil dan memperparah penderitaan di sana.

Gedung Putih mengatakan pada Rabu bahwa Netanyahu telah setuju untuk menjadwal ulang rencana kunjungan delegasi Israel ke Washington untuk membahas kemungkinan operasi Rafah.

(ros)

No more pages