Logo Bloomberg Technoz

Menkeu AS Harap Asuransi Bantu Danai Jembatan Baru Baltimore

News
28 March 2024 12:00

Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)
Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Christopher Anstey - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan dia mengharapkan pembayaran asuransi untuk membantu menutupi sebagian biaya pembangunan kembali jembatan Baltimore yang runtuh awal pekan ini.  

"Harapan saya adalah, pada akhirnya, akan ada pembayaran asuransi untuk menutupi sebagian dari biaya ini," kata Yellen dalam sebuah wawancara di MSNBC pada Rabu. "Namun, kami tidak ingin membiarkan kekhawatiran mengenai dari mana pembiayaan akan datang untuk menghambat rekonstruksi."

Presiden Joe Biden mengatakan pada Selasa bahwa pemerintah federal harus membayar untuk membangun kembali Jembatan Francis Scott Key, sebuah jalan arteri utama di dekat pelabuhan Baltimore yang hancur ketika sebuah kapal kargo menabrak salah satu dermaganya. Biayanya diperkirakan akan mencapai miliaran dolar.

"Saya tidak yakin bagaimana rinciannya" mengenai pendanaan, kata Yellen. "Kami memiliki uang dari undang-undang infrastruktur bipartisan yang berpotensi membantu," katanya, mengacu pada undang-undang tahun 2021 yang bertujuan untuk mengatasi kurangnya investasi dalam infrastruktur transportasi dan utilitas AS yang telah berlangsung lama.