Logo Bloomberg Technoz

Biden Janji Biayai Rekonstruksi Jembatan Baltimore yang Runtuh

News
27 March 2024 15:50

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Jordan Fabian dan Skylar Woodhouse - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Joe Biden mengatakan pemerintah AS harus mengeluarkan biaya untuk membangun kembali jembatan utama di Baltimore yang runtuh pada Selasa (26/03/2024). Dia meminta Kongres untuk menyetujui dana tersebut.

Biden mengatakan dia memerintahkan pihak berwenang untuk "menggerakkan segala daya" untuk membuka kembali pelabuhan Baltimore secepat mungkin. Dia menambahkan, badan-badan federal sedang membantu upaya pencarian dan penyelamatan di sekitar Jembatan Francis Scott Key. Semua informasi "menunjukkan ini adalah kecelakaan yang mengerikan" dan bukan "tindakan yang disengaja," tambah Biden.

"Saya bermaksud agar pemerintah federal membayar seluruh biaya untuk membangun kembali jembatan itu, dan saya berharap Kongres mendukung upaya saya," kata Biden kepada wartawan pada Selasa di Gedung Putih.

Bencana jembatan tersebut menimbulkan tantangan baru bagi Biden, menghentikan lalu lintas pengiriman di salah satu pelabuhan terpenting di Pantai Timur AS. Hal itu berpotensi mengganggu rantai pasokan dan mendorong naiknya biaya barang konsumen menjelang pemilu pada November.