Logo Bloomberg Technoz

"Persepsi pasar adalah mereka telah menarik garis di pasir di 152," kata Paresh Upadhyaya, direktur pendapatan tetap dan strategi mata uang di Amundi Asset Management AS. "Pertanyaan kuncinya adalah komitmen mereka."

Yen (Dok: Bloomberg)

Di AS, Gubernur Fed Christopher Waller mengatakan setelah pasar ditutup pada Rabu, bahwa tidak perlu terburu-buru untuk menurunkan suku bunga, mencatat bahwa ia ingin melihat "setidaknya beberapa bulan data inflasi yang lebih baik" sebelum melakukan pemangkasan. Imbal hasil Treasury bertenor dua tahun, yang lebih sensitif terhadap pergerakan kebijakan, naik tiga basis poin, sementara dolar menguat terhadap semua mata uang Grup-10.

Pemerintah AS mempertahankan peringkat kreditnya oleh S&P Global Ratings di AA+, bahkan ketika negara ini terus menghadapi tantangan fiskal. "Kerja sama bipartisan untuk memperkuat profil fiskal AS--yaitu untuk menurunkan defisit secara signifikan dan mengatasi kekakuan anggaran--masih sulit dipahami," kata S&P dalam sebuah pernyataan.

Dalam komoditas, minyak naik menuju kenaikan kuartalan yang solid di tengah ekspektasi bahwa pengurangan pasokan oleh OPEC+ termasuk Rusia akan memperketat keseimbangan pasar. Emas stabil pada Kamis setelah tiga sesi kenaikan.

Sementara itu, setelah S&P 500 melonjak sekitar 25% sejak akhir Oktober, banyak pihak yang mengkhawatirkan bahwa posisi yang ada telah melebar dan saham-saham menjadi lebih rentan terhadap aksi ambil untung jangka pendek.

"Meskipun kami memperkirakan pasar bullish ini akan terus berlanjut, kami tidak akan terkejut jika kami melihat koreksi 5%-7%," kata Gina Bolvin, presiden Bolvin Wealth Management Group.

Dubravko Lakos-Bujas dari JPMorgan Chase & Co memperingatkan para kliennya pada Rabu bahwa mereka dapat "terjebak di sisi yang salah" dari perdagangan momentum ketika akhirnya goyah, dan ia mendorong mereka untuk mempertimbangkan diversifikasi kepemilikan mereka dan memikirkan manajemen risiko dalam portofolio mereka. Dia juga mengulangi peringatannya bahwa kerumunan yang berlebihan pada saham-saham berkinerja terbaik di pasar meningkatkan risiko koreksi yang akan segera terjadi.

(bbn)

No more pages