Logo Bloomberg Technoz

Saat Revolusi Mobil Listrik China Ancam Toyota Hingga Honda

News
21 March 2023 10:32

Salah satu mobil listrik keluara pabrikan asal Jepang, Nissan Sylphy EV. (Dok Bloomberg)
Salah satu mobil listrik keluara pabrikan asal Jepang, Nissan Sylphy EV. (Dok Bloomberg)

Linda Lew and Nicholas Takahashi - Bloomberg News

Bloomberg, Dalam industri kendaraan berbahan bakar bensin, produsen mobil Jepang adalah rajanya. Toyota Motor Corp. telah memegang gelar perusahaan mobil No. 1 di dunia selama tiga tahun terakhir, sementara Honda Motor Co. dan Nissan Motor Co. tetap menjadi perusahaan mobil terlaris di dunia.

Namun, seiring dengan semakin cepatnya transisi menuju kendaraan listrik, raksasa-raksasa Jepang ini menghadapi persaingan yang lebih ketat dari perusahaan-perusahaan baru yang bergerak di bidang kendaraan listrik, seperti Tesla Inc. dan BYD Co.

Ancaman yang lebih nyata terlihat di China - pasar mobil terbesar di dunia dan di mana satu dari empat mobil yang terjual tahun lalu adalah mobil listrik. Penjualan mobil listrik diperkirakan akan meningkat menjadi 9 juta pada tahun 2023, dengan penetrasi pasar sebesar 35%.

Persaingan mobil Jepang di pasar China (Bloomberg)

Penjualan Honda dan Nissan di China telah turun setidaknya selama dua tahun, sementara penjualan Toyota tahun lalu turun untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Meskipun kekurangan cip, penguncian (lockdown) Covid-19, dan gangguan rantai pasokan terkait memainkan peran, masalah yang berkembang adalah kurangnya penawaran mobil listrik yang menarik dari ketiga produsen mobil Jepang itu.