Logo Bloomberg Technoz

Imbas Boeing, Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Rentan Naik

Pramesti Regita Cindy
27 March 2024 14:25

Ilustrasi Bandara (Dok. Angkasa Pura)
Ilustrasi Bandara (Dok. Angkasa Pura)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gangguan rencana pengiriman pesawat jet yang menimpa The Boeing Company dan Airbus SE pada akhirnya dinilai turut berisiko mengerek harga tiket maskapai penerbangan di Indonesia, khususnya untuk rute-rute domestik.

Pakar industri penerbangan Alvin Lie mengatakan, di tengah gangguan pengadaan pesawat baru dari Boeing dan Airbus, satu-satunya hal yang mungkin bisa dilakukan maskapai nasional adalah tetap mengoperasikan pesawat eksisting.

“Menggunakan pesawat yang ada sekarang tidak mahal, tetapi kurang efisien. Biaya-biaya operasi penerbangan terus naik. Gaji, sewa ruang dan fasilitas bandara, pelayanan navigasi, dan sebagainya [naik tarifnya]. Plus, harga minyak yang cenderung naik dan rupiah yang terus melemah [juga memberikan pengaruh],” ujarnya saat dihubungi, Rabu  (26/3/2024).

Di sisi lain, lanjutnya, gangguan pasok pesawat dari Boeing dan Airbus ke depan juga akan turut menambah beban bagi industri maskapai penerbangan nasional. Pada akhirnya, kenaikan harga tiket pun tidak dapat terhindarkan.

Permasalahannya, harga tiket yang kemungkinan bakal terdampak adalah untuk rute-rute domestik. 

Pesawat penumpang terbesar di dunia A380 milik maskapai Emirates di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (1/5/2023). (Dok. Kemenhub)