Logo Bloomberg Technoz

Kapal tersebut adalah Dali, yang berlayar dengan bendera Singapura. Kapal seberat 32.000 ton itu dibangun pada 2015. Juru bicara Synergy Marine yang berbasis di London, manajer dan operatornya, mengatakan Dali memiliki sekitar 4.900 kontainer di atas kapal saat itu. Eksekutif perusahaan sedang menuju lokasi untuk menilai situasi. Kapal tersebut disewa oleh raksasa pengiriman kontainer yang berbasis di Kopenhagen, A.P. Moller-Maersk A/S.

Gubernur Maryland, Wes Moore, mengumumkan keadaan darurat. Gedung Putih memantau insiden itu, kata seorang pejabat Gedung Putih, yang menambahkan belum ada tanda-tanda niat jahat. Menteri Transportasi Pete Buttigieg memposting di X bahwa dia telah menawarkan dukungan saat upaya penyelamatan sedang berlangsung.

Penutupan yang diperpanjang akan membawa kekacauan bagi para pelancong menjelang akhir pekan libur Paskah di koridor yang sudah macet antara New York dan Washington.

Jembatan ini memungkinkan kapal komersial memasuki Pelabuhan Baltimore, salah satu pelabuhan tertinggi di AS dalam hal volume dan nilai kargo. Ini adalah pelabuhan AS terbesar untuk menangani mobil dan truk ringan.

Setidaknya 21 kapal berada di perairan di sebelah barat jembatan yang runtuh, menimbulkan pertanyaan tentang seberapa mudah mereka bisa keluar. Sekitar setengahnya adalah kapal tunda tetapi ada juga setidaknya tiga kapal pengangkut curah, satu pengangkut kendaraan, dan satu kapal tanker kecil.

Pelabuhan Baltimore menangani 847.158 mobil dan truk ringan pada tahun 2023, terbanyak dari semua pelabuhan AS selama 13 tahun berturut-turut, menurut situs web negara bagian Maryland. Pelabuhan ini juga menangani impor gula, gipsum, dan kopi dalam jumlah besar, serta batu bara untuk ekspor.

Ini adalah pusat distribusi utama dan pelabuhan terbesar di Maryland, menangani lebih dari 10 juta ton kargo setiap tahun.

Pada saat kecelakaan itu terjadi, ada tujuh kapal kargo yang ditambatkan di terminal hulu dari jembatan. Itu termasuk tiga kapal pengangkut curah, satu pengangkut kendaraan, satu pengangkut aspal/bitumen, dan dua kapal kargo umum, menurut data pelacakan kapal yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Dali datang dari China, mengirimkan barang ke beberapa pelabuhan di sepanjang pantai timur sebelum tiba di Baltimore pada Minggu. Pengangkut mobil kedua ditambatkan tepat di hilir jembatan di terminal Volkswagen. Kapal itu akan menuju Sri Lanka.

Dali membawa kontainer dari Asia Timur ke Pantai Timur AS melalui Terusan Panama. Kapal ini dapat mengangkut setara dengan sekitar 9.700 kotak baja, sekitar setengah dari ukuran kapal terbesar di industri ini.

Kapal tersebut tiba di Terminal Laut Seagirt di Baltimore pada 24 Maret setelah dikirim ke Pelabuhan New York/New Jersey, dan telah menurunkan sedikit kontainer sebelum melakukan perjalanan kembali ke Asia pada Selasa pagi dini hari.

Selain kemacetan lalu lintas regional yang akan disebabkan oleh penutupan, beberapa perusahaan terkemuka memiliki gudang distribusi atau fasilitas lain di kawasan industri di ujung utara jembatan. Mereka termasuk Amazon.com Inc, FedEx Corp, Under Armour Inc, Home Depot Inc, BMW Group, dan Volkswagen Group of America, menurut data Google Maps.

Jembatan ini juga berfungsi sebagai rute alternatif untuk kargo berbahaya seperti beberapa cairan mudah terbakar dan kendaraan besar yang dilarang melalui rute langsung melalui Terowongan Pelabuhan Baltimore.

Penutupan yang diperpanjang akan menyebabkan kemacetan besar bagi para pelancong dan bisnis - mungkin selama berbulan-bulan. Menurut perkiraan waktu dan jarak tempuh di Google, perjalanan ke utara dari Interstate 95 di sekitar busur barat 1-695 untuk menghindari jembatan Key memakan waktu sekitar satu jam, dibandingkan dengan waktu 32 menit yang dibutuhkan untuk melintasi jembatan ke arah timur.

(bbn)

No more pages