Logo Bloomberg Technoz

Hamas Sambut Baik Resolusi DK PBB yang Serukan Gencatan Senjata

Redaksi
26 March 2024 20:10

Warga Palestina mencari barang selamat diantara puing pasca serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina mencari barang selamat diantara puing pasca serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hamas mengatakan pada Senin (25/3/2024) bahwa mereka menyambut baik resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) yang menyerukan gencatan senjata di Gaza dan bahwa mereka siap untuk melakukan pertukaran tahanan dengan Israel.

Melansir Reuters, resolusi yang disahkan pada Senin waktu setempat itu menuntut gencatan senjata segera antara Israel dan kelompok Islamis Palestina, Hamas, serta pembebasan segera dan tanpa syarat bagi seluruh sandera, setelah Amerika Serikat abstain dalam pemungutan suara.

Israel memulai serangan militernya di Gaza setelah para militan dari Gaza yang dikuasai Hamas menewaskan 1.200 orang dan menyandera 253 orang pada 7 Oktober, menurut perhitungan Israel. Dalam sebuah laporan terbaru pada Senin, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 32.333 warga Palestina telah terbunuh dalam kampanye militer pembalasan Israel di Gaza, dan ribuan lainnya dikhawatirkan masih terkubur di bawah reruntuhan.

Dengan perang yang telah memasuki bulan keenam, PBB telah memperingatkan bahwa sedikitnya 576.000 orang di Gaza berada di ambang kelaparan dan tekanan global semakin meningkat terhadap Israel untuk mengizinkan lebih banyak akses untuk pengiriman bantuan.