Logo Bloomberg Technoz

Diterpa Kasus Korupsi, Produksi PT Timah (TINS) Malah Naik 50%

Dovana Hasiana
26 March 2024 13:15

Ingot dicetak dari timah cair di fasilitas pengolahan PT Timah di Mentok, Pulau Bangka./Bloomberg-Dimas Ardian
Ingot dicetak dari timah cair di fasilitas pengolahan PT Timah di Mentok, Pulau Bangka./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Timah (TINS) melaporkan adanya tren peningkatan produksi bijih timah sekitar 40% hingga 50% secara bulanan atau month to month (mtm) dari Januari ke Februari 2024.

Sekretaris Perusahaan TINS Abdullah Umar tidak menjelaskan dengan lengkap ihwal volume produksi yang direalisasikan perseroan pada rentang tersebut, tetapi memastikan terdapat tren peningkatan produksi bijih timah yang dilakukan oleh TINS.

“Terjadi peningkatan tren produksi sekitar 40% hingga 50%. Angkanya [volume produksi] belum final,” ujar Abdullah saat dihubungi Bloomberg Technoz, Selasa (26/3/2024).

Selain itu, Abdullah mengatakan TINS percaya upaya aparat penegak hukum (APH) dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk (TINS) periode 2015—2022 bertujuan untuk memperbaiki tata kelola pertambangan dan bisnis komoditas timah.

Menurutnya, proses penegakan hukum bakal berimplikasi positif terhadap tata kelola pertambangan baik di perseroan maupun di Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi daerah sentra produksi. 

Kinerja produksi PT Timah Tbk(Tins)./dok TINS