Logo Bloomberg Technoz

Faktor yang Membuat Finlandia Negara Paling Bahagia di Dunia

Septiana Ledysia
25 March 2024 13:40

Ilustrasi Finlandia (Envato/diegograndi)
Ilustrasi Finlandia (Envato/diegograndi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Finlandia kembali menjadi negara paling bahagia untuk ditinggali pada 2024. Posisi Indonesia sendiri naik peringkat dari tahun lalu.

Dilansir dari euronews, The annual World Happiness Report, laporan tersebut didasarkan pada evaluasi subjektif kehidupan yang dikumpulkan selama tiga tahun terakhir dari Gallup World Poll bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kesejahteraan Universitas Oxford dan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Sementara peringkat itu sendiri hanya didasarkan pada jawaban yang diberikan orang ketika diminta untuk menilai kehidupan mereka sendiri, para ahli interdisipliner dari bidang ekonomi, psikologi, dan sosiologi kemudian dipanggil untuk mengolah data dan membuat evaluasi berdasarkan enam variabel kunci.

Variabel-variabel yang dikuantifikasi dalam laporan tersebut adalah pendapatan (GDP per kapita), harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan dalam membuat pilihan hidup, kedermawanan, dan kebebasan dari korupsi.

Dari tahun ke tahun Finlandia selalu menjadi nomor satu. Beberapa faktor yang membuat Finlandia selalu menjadi negara yang masyarakatnya bahagia.