Logo Bloomberg Technoz

Koreksi pada saham teknologi didukung oleh terkontraksinya harga saham PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk (MPIX) drop 9,09%, dan saham PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) yang turun 4,46%. Serta saham PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) drop 4,18%.

Adapun saham-saham konsumen non primer juga jadi pendorong pelemahan IHSG, saham PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk (AEGS) drop 9,52% dan saham PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) juga terjebak di zona merah dengan penurunan 7,95%. Serta saham PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB) drop 6,52%.

Senada, saham-saham unggulan LQ45 juga melemah dan jadi pemberat, PT Mitra Pack Tbk (PTMP) drop 13,5%, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melemah 3,59%. PT Harum Energy Tbk (HRUM) terkontraksi 2,17%.

Melemahnya IHSG bertepatan dengan jalannya gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh Tim Hukum Ganjar Pranowo-Mahfud MD (TPN Ganjar-Mahfud) dengan berkas gugatan memiliki tebal sebanyak 151 halaman.

"Pendaftaran sudah selesai. Nomornya adalah 02-03/AP3-PAN/MK/03/2024," terang Ketua Tim Hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, Sabtu (23/3/2024) kemarin.

Menurut dia, gugatan PHPU ini melibatkan sejumlah Kantor Kuasa Hukum. Setidaknya, ada empat Lawfirm yang terlibat di antaranya Lubis Santosa & Maramis Law Firm; Ignatius Andy Law Office, dan Maqdir Ismail & Partners.

Sebelumnya, Ganjar-Mahfud mengklaim sangat menghormati kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang hasil Pilpres dan Pileg 2024. Akan tetapi, mereka mengklaim ingin meluruskan proses demokrasi sesuai konstitusi terutama atas sejumlah dugaan kecurangan yang Terstruktur, Sistematis, dan Masif (TSM).

Bersamaan dengan itu, paslon nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, juga secara resmi melayangkan gugatan PHPU Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 ke MK. Gugatan tersebut telah diterima MK dengan nomor 01-01/AP3-PRES/Pan.MK/03/2024 tanggal 21 Maret 2024. Pokok perkara PHPU Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024. Dengan pemohon H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D dan H. Muhaimin Iskandar, Dr. (H.C).

PHPU dari Ganjar-Mahfud dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, kata mereka menjadi ajang pembuktian bagi MK tentang netralitasnya pada Pemilu 2024.

Melansir dari sejumlah pemberitaan, prosedur penangan PHPU masih akan berlanjut di sepanjang pekan ini yang mana akan berlangsung pada 25-28 Maret 2024. Adapun terdapat tiga tahapan penting yang akan dilaksanakan oleh pihak terkait, yaitu proses administrasi gugatan, penetapan pihak terkait, dan keterangan jawaban dari pihak terkait.

Sementara itu, mencermati indeks secara regional, kinerja Bursa Asia bergerak bervariasi. Indeks Shanghai menghijau 0,24%, indeks Hang Seng Hong Kong menguat 0,14%, indeks Nikkei 225 drop 0,76%, indeks Kospi turun 0,24%, dan indeks Strait Times Singapore melemah 0,19%.

(fad/ain)

No more pages