Logo Bloomberg Technoz

Para pembuat kebijakan di Federal Reserve AS dan Bank Sentral Eropa telah mengisyaratkan niat mereka untuk mengurangi biaya pinjaman tahun ini seiring dengan meredanya inflasi. Selain itu, China telah menunjukkan dukungan lebih lanjut untuk pemulihannya.

"Kami menemukan bahwa penurunan suku bunga AS di lingkungan non-resesi menyebabkan harga-harga komoditas yang lebih tinggi, dengan dorongan terbesar pada logam-logam (khususnya tembaga dan emas), diikuti oleh minyak mentah," kata para analis.

"Yang penting, dampak positif pada harga cenderung meningkat seiring waktu, karena dorongan pertumbuhan dari kondisi keuangan yang lebih longgar menyaring."

Prospek bullish Goldman yang hati-hati menggemakan komentar-komentar dari para pengamat pasar lainnya. Komoditas memasuki kenaikan siklus baru yang dibantu oleh suplai yang lebih ketat dan peningkatan ekonomi global, kata Macquarie Group Ltd pada awal bulan ini.

Jeff Currie, yang sebelumnya adalah kepala riset komoditas di Goldman dan sekarang di Carlyle Group LP, juga memperkirakan kenaikan karena the Fed menurunkan suku bunga. Di tempat lain, JPMorgan Chase & Co menyoroti potensi kenaikan emas.

Di antara perkiraan harga akhir tahun Goldman, tembaga terlihat pada US$10.000 per ton, aluminium pada US$2.600 per ton, dan emas pada US$2.300 per ons.

(bbn)

No more pages