Logo Bloomberg Technoz

Ukuran utama inflasi yang mendasari inflasi melampaui ekspektasi untuk bulan kedua di Februari, dan ukuran yang disukai Fed--dirilis minggu depan--diantisipasi untuk menunjukkan tekanan harga yang masih meningkat.

Para pejabat Fed mempertahankan suku bunga untuk pertemuan kelima berturut-turut pada hari Rabu dan dengan tipis mempertahankan pandangan mereka untuk tiga kali penurunan suku bunga tahun ini. Menyusul keputusan tersebut, Ketua Jerome Powell mengatakan bahwa para gubernur bank sentral berharap untuk mendapatkan keyakinan bahwa inflasi akan bergerak menuju target 2% dan bahwa penurunan pertama kemungkinan akan dilakukan "pada suatu saat di tahun ini."

Sementara para pembuat kebijakan melihat suku bunga federal fund mencapai 4,6% pada akhir 2024, menurut proyeksi suku bunga rata-rata mereka, ekspektasi individu terpecah. "Dot plot" The Fed menunjukkan 10 pejabat memperkirakan tiga atau lebih penurunan suku bunga seperempat poin tahun ini, sementara sembilan lainnya mengantisipasi dua atau lebih sedikit.

"Perekonomian terus memberikan kejutan dan terus menjadi lebih tangguh dan lebih berenergi daripada yang saya perkirakan atau proyeksikan," kata Bostic. "Dan sebagai konsekuensinya, saya telah mengalibrasi ulang kapan waktu yang tepat untuk bergerak."

Mengingat bahwa ekonomi sedang berjalan dengan baik, "hal ini memberi kita ruang untuk bersabar," katanya. "Dan kita harus bersabar."

Mengenai neraca keuangan The Fed, Bostic mendukung perlambatan laju di mana bank sentral menyusutkan portofolio asetnya "relatif segera."

(bbn)

No more pages