Logo Bloomberg Technoz

Masalah kesehatan sang putri membuat Pangeran William menangguhkan beberapa kunjungan, yang secara tiba-tiba membuat tiga anggota senior kerajaan Inggris  tidak terlihat di depan publik. Sementara Raja Charles melanjutkan tugas kerajaan ringan, seperti menyampaikan pesan video pekan lalu untuk memperingati ulang tahun Commonwealth. Namun, masih belum jelas kapan dia bisa kembali ke jadwal yang lebih padat.

Istana Kensington pertama kali mengumumkan pada 17 Januari bahwa sang putri telah dirawat di rumah sakit untuk "operasi perut terencana" dan tidak akan kembali ke tugas publik sampai "setelah Paskah," yang di Inggris akan dirayakan pada 31 Maret tahun ini. Saat itu, BBC melaporkan bahwa kondisinya "tidak terkait kanker."

Pengumuman penting kerajaan Inggris dalam 2 tahun terakhir.

"Putri Wales mendapat cinta dan dukungan dari seluruh negeri saat dia melanjutkan pemulihannya," kata Perdana Menteri Rishi Sunak dalam sebuah pernyataan. "Dalam beberapa minggu terakhir, dia telah menjadi sasaran pengawasan ketat dan telah diperlakukan tidak adil oleh beberapa media di seluruh dunia dan di media sosial."

Spekulasi tentang kesehatan sang putri semakin menguat setelah Pangeran William tidak menghadiri upacara peringatan untuk ayah baptisnya, Raja Constantine dari Yunani,  pada 27 Februari. Dia seharusnya memberikan pembacaan, tetapi dia mundur kurang dari satu jam sebelum acara.

Istana kemudian merilis foto Catherine dan ketiga anaknya pada Hari Ibu, disertai dengan pesan tertulis dari sang putri. Foto itu kemudian ditarik oleh lima kantor berita internasional karena kekhawatiran telah "dimanipulasi". Sang Putri kemudian meminta maaf atas "kebingungan" tersebut, menunjukkan bahwa dia telah mengedit foto tersebut.

Pada hari Jumat, dia meminta "waktu, ruang, dan privasi" saat dia menerima perawatan medis. Dia mengindikasikan bahwa dia mungkin tidak akan banyak muncul di publik, mengatakan akan kembali "ketika saya bisa."

"Butuh waktu bagi saya untuk pulih dari operasi besar untuk memulai pengobatan saya," kata Catherine. "Tapi yang terpenting, butuh waktu bagi kami untuk menjelaskan semuanya kepada George, Charlotte, dan Louis dengan cara yang sesuai untuk mereka, dan meyakinkan bahwa saya akan baik-baik saja."

(bbn)

No more pages