Logo Bloomberg Technoz

Gempa Magnitudo 6 Guncang Tuban, Terasa Sampai Semarang

Redaksi
22 March 2024 12:05

Jalan rusak akibat gempa bumi di Nanao, Prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa dini hari (2/1/2024). (Soichiro Koriyama/Bloomberg)
Jalan rusak akibat gempa bumi di Nanao, Prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa dini hari (2/1/2024). (Soichiro Koriyama/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi magnitudo 6.0 di wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Timur pada pukul 11.22 WIB, Jumat (22/3/2024) siang ini. 

Menurut data BMKG, titik lokasi gempa berada di 5.74 Lintang Selatan, 112.32 Bujur Timur, atau 132 km Timur Laut Tuban, Jawa Timur. Titik gempa berada di kedalaman 10 Km.

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa ini menimbulkan guncangan di daerah Bawean dengan skala intensitas III - IV MMI, yakni bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Sementara itu, di daerah Jepara, Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, Yogyakarta dengan skala intensitas II - III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Terkait peristiwa ini, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.