Logo Bloomberg Technoz

Data ekonomi AS mendukung argumen bahwa The Fed mungkin terpaksa mundur dari perkiraan penurunan suku bunganya sehari setelah bank sentral mengindikasikan tiga kali penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin pada tahun 2024.

Data perumahan, manufaktur, dan pasar tenaga kerja yang dirilis pada hari Kamis di AS menunjukkan bahwa perekonomian AS memiliki ketahanan yang baik. ekonomi yang dapat mendorong Federal Reserve menurunkan suku bunga lebih lambat dari perkiraan pasar.

Data tersebut mendorong imbal hasil obligasi AS atau US Treasury turun. Imbal hasil Treasury dua tahun naik tiga basis poin, sedangkan imbal hasil Treasury 10 tahun kurang dari satu basis poin lebih tinggi. Tekanan ke atas pada imbal hasil mendukung indeks dolar, yang naik 0,4% pada hari Kamis. Yen sedikit berubah pada 151 per dolar pada awal perdagangan Jumat.

Menteri Keuangan Lawrence Summers mengatakan The Fed memiliki “keinginan untuk mulai menurunkan suku bunga,” yang mungkin tidak diperlukan untuk beberapa waktu mendatang mengingat perekonomian yang kuat dan pasar keuangan yang kuat. “Saya tidak tahu mengapa kami terburu-buru,” kata Summers.

Societe Generale SA meningkatkan perkiraan akhir tahun S&P 500 menjadi 5.500 dari 4.750 – perkiraan tertinggi di antara para ahli strategi yang dilacak oleh Bloomberg. “Keistimewaan AS semakin kuat,” tulis Manish Kabra, kepala strategi ekuitas AS untuk bank Prancis tersebut. “Meskipun ada optimisme pasar yang meluas, kami memandang hal ini sebagai hal yang rasional dan bukan berlebihan.”

Bank sentral tetap menjadi fokus. Bank Nasional Swiss diperkirakan akan memangkas suku bunga, sehingga melemahkan mata uangnya terhadap negara-negara lain, sementara bank sentral Meksiko juga memangkas suku bunga sesuai perkiraan. Langkah ini bisa menjadi awal dari pelonggaran kebijakan di Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat.

Bank of England mempertahankan suku bunga pada level tertinggi 16 tahun sebesar 5,25% pada hari Kamis. Dua anggota BoE yang agresif menurunkan tuntutan mereka untuk menaikkan suku bunga sebagai tanda lebih lanjut bahwa bank sentral semakin dekat dengan penurunan suku bunga. Pound melemah karena berita tersebut.

Di Asia, Reserve Bank of Australia akan merilis tinjauan stabilitas keuangan, Jepang akan merilis data inflasi bulan Februari, dan Taiwan akan menerbitkan data pekerjaan bulan Februari.

Minyak mentah, gas alam, dan bensin berjangka semuanya turun pada hari Kamis. Di tempat lain, Bitcoin terus merosot, diperdagangkan di bawah $66,000. Sementara itu, emas melemah setelah melonjak di atas $2.200 per ounce untuk pertama kalinya.

(bbn)

No more pages