Logo Bloomberg Technoz

AS Sebut China Tingkatkan Militer, Siap Invasi Taiwan 2027

News
21 March 2024 14:50

Bendera China. (Dok: Bloomberg)
Bendera China. (Dok: Bloomberg)

Roxana Tiron - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut kesaksian seorang laksamana tinggi AS, China sedang membangun militer dan persenjataan nuklirnya dalam skala yang belum pernah terlihat sejak Perang Dunia II. Semua pertanda menunjukkan mereka tetap pada ambisi untuk siap menginvasi Taiwan pada 2027.

Admiral John Aquilino, pemimpin Komando Indo-Pasifik, kepada Komite Angkatan Bersenjata DPR AS dalam kesaksian tertulis pada Rabu (20/03/2024), mengatakan meskipun menghadapi tantangan ekonomi, anggaran resmi pertahanan China telah meningkat sebesar 16% selama beberapa tahun terakhir menjadi lebih dari US$223 miliar.

Dalam tiga tahun sejak dia mengambil alih komando, dia mengatakan Tentara Pembebasan Rakyat (People’s Liberation Army/PLA) telah menambah lebih dari 400 pesawat tempur, bersama dengan lebih dari 20 kapal perang besar. PLA juga telah menggandakan persediaan rudal balistik dan jelajah sejak 2020.

"Semua indikasi menunjukkan PLA memenuhi arahan Presiden Xi Jinping untuk siap menginvasi Taiwan pada 2027," kata Aquilino. "Tindakan PLA menunjukkan kemampuan mereka untuk memenuhi garis waktu yang diinginkan Xi untuk menyatukan Taiwan dengan daratan China secara paksa jika diperintahkan."