Logo Bloomberg Technoz

Perang Teknologi, AS Mau Sanksi Pembuat Cip China Terkait Huawei

News
20 March 2024 17:00

Toko jaringan Huawei. (Dok: Bloomberg)
Toko jaringan Huawei. (Dok: Bloomberg)

Mackenzie Hawkins - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintahan Biden sedang mempertimbangkan untuk memasukkan sejumlah perusahaan semikonduktor (produsen cip) China yang terkait dengan Huawei Technologies Co ke dalam daftar hitam. Langkah ini diambil setelah raksasa telekomunikasi itu mencapai terobosan teknologi yang signifikan tahun lalu.

Langkah tersebut akan menandai eskalasi lain dalam kampanye AS untuk membatasi dan mengurangi ambisi China di bidang AI dan semikonduktor. Ini akan meningkatkan tekanan pada perusahaan nasional China yang telah membuat kemajuan di tengah sanksi yang ada, termasuk memproduksi prosesor smartphone tahun lalu yang oleh banyak pihak di Washington dianggap di luar kemampuannya.

Menurut sumber, sebagian besar entitas China yang dapat terkena dampak sebelumnya diidentifikasi sebagai fasilitas pembuatan chip yang diperoleh atau sedang dibangun oleh Huawei dalam presentasi yang dilakukan oleh kelompok perdagangan yang berbasis di Washington, Semiconductor Industry Association (SIA). Belum ada keputusan final yang dibuat. Bloomberg News pertama kali melaporkan tentang presentasi SIA pada tahun 2023.

Sumber yang sama menambahkan, perusahaan yang dapat masuk daftar hitam termasuk pembuat chip Qingdao Si’En, SwaySure, dan Shenzhen Pensun Technology Co (PST). Pejabat Biden juga sedang mempertimbangkan sanksi pada produsen chip memori terkemuka China, ChangXin Memory Technologies Inc.