Logo Bloomberg Technoz

Ada Peluang UNVR Ikuti Unilever Global Lepas Bisnis Es Krim

Sultan Ibnu Affan
21 March 2024 11:50

Ilustrasi Unilever. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Unilever. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Unilever Plc akan memisahkan unit bisnis (spin off) segmen es krim. Ini karena segmen bisnis es krim Unilever Group yang berbasis di London itu kurang menguntungkan dibanding bisnis yang lain.

Sikap Unilever Plc dinilai menjadi preseden untuk PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). Tidak menutup kemungkinan, UNVR akan mengambil sikap serupa di masa mendatang.

Terlebih, kontribusi penjualan es krim Unilever Plc dan UNVR untuk penjualan Unilever Group secara global masing-masing hanya sebesar 16% dan 9%. Sedang kontribusi bisnis es krim dari jaringan Unilever Group di negara-negara lain bisa mencapai 30%.

"Di Indonesia, bisnis es krim UNVR masuk dalam segmen foods & refreshments, yang sepanjang 2023 sendiri mencatat penurunan penjualan," ujar analis Bahana Sekuritas Christine Natasya dalam riset, Kamis (21/3/2024).

"Berdasarkan pembicaraan kami bersama manajemen UNVR, bisnis es krim di Indonesia memiliki margin relatif yang lebih rendah dibanding segmen yang lain, sehingga menurut kami spin off perlu dilakukan untuk meningkatkan keuntungan."