Logo Bloomberg Technoz

Unilever Restrukturisasi Besar, Lepas Unit Es Krim & PHK Karyawan

News
20 March 2024 15:20

Unilever. (Peter Boer/Bloomberg)
Unilever. (Peter Boer/Bloomberg)

Sabah Meddings dan Deirdre Hipwell - Bloomberg News

Bloomberg, Bos baru Unilever Plc, Hein Schumacher, berencana membalikkan kinerja perusahaan yang lesu selama bertahun-tahun dengan langkah ambisius. Ia berniat memisahkan unit es krim dan mengurangi lapisan manajemen menengah.

Sembilan bulan setelah mengambil alih perusahaan ini, menurut analis Barclays, Schumacher bergerak untuk melepas divisi senilai US$18 miliar. Divisi tersebut menaungi merek-merek ternama seperti Ben & Jerry's dan Magnum, yang sebelumnya oleh CEO Unilever, Paul Polman, disebut sebagai "salah satu kisah sukses terbesar dalam pasar barang konsumen."

Ini hanyalah sebagian dari rencana Schumacher yang lebih luas untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan keuntungan di Unilever. Ia juga ingin menghilangkan warisan ekspansi berlebihan, peluang yang terlewatkan, juga merger dan akuisisi yang gagal.

CEO baru ini, yang ditunjuk setelah investor aktivis Nelson Peltz mengambil saham di perusahaan dan bergabung dengan dewan direksinya, juga berencana untuk memangkas 7.500 pegawai. Angka tersebut hampir 6% dari total 128.000 karyawan pembuat sabun Dove tersebut.