Logo Bloomberg Technoz

Isu Server Sirekap, Menko Polhukam Klaim Seluruh Data Pemilu Aman

Muhammad Fikri
19 March 2024 18:00

Konferensi Pers Pengamanan Bidang Informasi dan Komunikasi Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024 (YouTube: Kemenko Polhukam RI)
Konferensi Pers Pengamanan Bidang Informasi dan Komunikasi Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024 (YouTube: Kemenko Polhukam RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengklaim data Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tersimpan pada Sistem Informasi Rekapitulasi atau Sirekap dalam kondisi aman. 

Hal ini disampaikan menanggapi fakta terhubungnya aplikasi yang menyimpan data pemilu tersebut pada layanan cloud milik perusahaan China, Alibaba yang lokasi servernya berada di Singapura, China, dan Perancis.

“Tadi juga sudah dibahas di dalam juga[keamanan data sirekap]," kata Hadi di kantornya, Selasa (19/3/2024). "Semuanya menyampaikan aman.”

Menurut dia, legitimasi ini merujuk pada hasil rekomendasi dan evaluasi yang diberikan Badan Intelijen Nasional (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Saat ini, tiga lembaga negara tersebut juga terus melakukan perlindungan terhadap aplikasi Sirekap. Pemerintah menjamin keamanan data pemilih hingga hasil pemilu.

Ilustrasi Aplikasi Sirekap. (Tangkapan layar KPU)