Logo Bloomberg Technoz

Golkar Buka Opsi Airlangga Dapat Kembali Jadi Ketua Umum

Mis Fransiska Dewi
18 March 2024 19:30

Airlangga (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Airlangga (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota DPR Fraksi Partai Golkar Firman Soebagyo menyebut Airlangga Hartarto berpeluang kembali menjadi Ketua Umum Golkar pada periode mendatang. Dia menilai Airlangga cukup berhasil dalam memimpin partai politik berlambang pohon beringin tersebut. 

Firman mengatakan, sebelumnya banyak internal Golkar yang menyebut bahwa Airlangga gagal dalam memimpin partai beringin tersebut. Namun bagi dia Airlangga cukup piawai dan berhasil dalam memimpin Golkar. 

“Dibuktikan bahwa prediksi orang-orang [yang menyebut] seolah-olah ini akan gagal, ternyata itu berhasil. Gaya kepemimpinan Pak Airlangga ini mirip Bang Akbar Tanjung, kalem tetapi hasilnya pasti,” kata Firman usai rapat Baleg di Kompleks DPR, Senin (18/3/2024). 

Firman menambahkan, gaya kepemimpinan setiap ketua umum partai berbeda-beda karena percuma pemimpin dengan gaya kepemimpinan meledak-ledak namun hasilnya nihil. 

Dia menilai pencapaian Airlangga sebagai Ketum Golkar adalah mampu meningkatkan jumlah kursi partai pada tingkat legislatif. Bahkan, wilayah Jawa Tengah mengalami peningkatan perolehan kursi legislatif walaupun tidak signifikan.