Logo Bloomberg Technoz

8 Orang Tewas Usai Serangan Pakistan di Perbatasan Afghanistan

News
18 March 2024 18:00

Bendera Pakistan. (Sumber: Bloomberg)
Bendera Pakistan. (Sumber: Bloomberg)

Eltaf Najafizada - Bloomberg News

Bloomberg, Delapan orang tewas dalam serangan udara militer Pakistan yang menargetkan wilayah perbatasan di  bagian timur wilayah Afghanistan. Hal ini dapat meningkatkan ketegangan antara kedua negara tetangga itu.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahed dalam sebuah pernyataan via X mengatakan sekitar pukul 3 pagi, pesawat-pesawat Pakistan "mengebom" rumah-rumah warga sipil di provinsi timur Khost dan Paktika, menewaskan lima wanita dan tiga anak-anak. Serangan semacam itu merupakan "pelanggaran" terhadap kedaulatan Afghanistan dan akan memiliki konsekuensi.

Seorang pejabat Pakistan membenarkan serangan itu tetapi meminta untuk tidak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media. Kementerian Luar Negeri Pakistan dan militer tidak menanggapi permintaan komentar.

Ketegangan antara kedua negara meningkat sejak Taliban berkuasa pada tahun 2021. Pakistan berulang kali mengklaim bahwa cabang Taliban, yang dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan, telah mengancam untuk menggulingkan pemerintah dan sekarang berlindung di Afghanistan.