Logo Bloomberg Technoz

Data Pelanggan Biznet Bocor, Kominfo Ambil Langkah Ini

Muhammad Fikri
16 March 2024 08:30

Ilustrasi Kebocoran Data
Ilustrasi Kebocoran Data

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa Kominfo sudah memberikan surat kepada Biznet untuk melakukan klarifikasi terkait dugaan data pelanggan yang bocor beberapa waktu lalu.

“Kita sudah kirim [surat] hari ini. Kemarin kita tahu, hari ini sudah kita kirim surat [untuk klarifikasi],” kata Semuel di Kantor Kemenkominfo Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Kominfo juga belum mengetahui kebenaran perihal data pelanggan pengguna Biznet yang bocor pada dark web beberapa waktu lalu karena Kominfo sendiri belum mendapatkan laporan dari pihak Biznet. Atas hal ini, Kominfo berinisiatif untuk mengirim surat kepada Biznet untuk segera melakukan klarifikasi terkait data yang bocor tersebut.

“Aturannya itu mereka yang melapor ke kita, tapi kalau kita menemukan ini kita minta klarifikasi dan mereka harus menjawab, mengklarifikasi apakah benar kejadiannya, apa saja [data] yang bocor itu [seharusnya] mereka ada list-nya,” jelasnya.

Semuel juga mengatakan bahwa kasus kebocoran data yang terjadi merupakan tanggung jawab penuh perusahaan karena data tersebut merupakan data masyarakat yang digunakan dan dipercaya kepada perusahaan untuk menjaga data tersebut.