Logo Bloomberg Technoz

Rival dengan AS, China Desak Pembuat Mobil Listrik Beli Cip Lokal

News
15 March 2024 19:20

Pabrik pembuatan mobil listrik. (Dok: Luke Duggleby/Bloomberg)
Pabrik pembuatan mobil listrik. (Dok: Luke Duggleby/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah China secara diam-diam telah meminta para produsen kendaraan listrik mulai dari BYD Co hingga Geely Automobile Holdings Ltd untuk meningkatkan pembelian mereka secara tajam dari produsen cip mobil lokal, sebagai bagian dari kampanye untuk mengurangi ketergantungan pada impor Barat dan meningkatkan industri semikonduktor domestik China.

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi meminta para produsen mobil tahun ini untuk memperluas pembelian komponen buatan dalam negeri untuk mempercepat adopsi cip China, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Pengawas teknologi negara itu sebelumnya menetapkan target informal bagi para pembuat mobil untuk mendapatkan seperlima cip mereka secara lokal pada tahun 2025, tetapi telah menjadi tidak puas dengan kecepatan kemajuan, kata orang-orang itu.

Kementerian sekarang secara langsung menginstruksikan perusahaan untuk menghindari semikonduktor asing jika memungkinkan, kata orang-orang, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena membahas informasi sensitif. Itu berarti perusahaan cip luar negeri secara efektif harus memproduksi silikon mereka melalui pengecoran lokal seperti Semiconductor Manufacturing International Corp atau Hua Hong Semiconductor Ltd, kata salah satu orang tersebut.