Logo Bloomberg Technoz

Tren Sepekan: Jatuhnya SVB Versi Sri Mulyani Hingga Isu Reshuffle

18 March 2023 08:37

Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)
Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pekan ini topik kebangkrutan tiga bank di Amerika Serikat (AS) masih mewarnai pasar keuangan global. Kasus ini juga menyita perhatian para pejabat keuangan di Indonesia seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Isu reshuffle di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo juga kembali menyeruak setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengundurkan diri. Wacana reshuffle juga menguat usai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung). 

Simak rangkuman tren berita domestik sepekan Bloomberg Technoz, Sabtu (18/3/2023):

Analisis Sri Mulyani Soal Runtuhnya SVB

Menteri Keuangan Sri Mulyani ikut memberikan analisis terhadap penyebab runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB) di Amerika Serikat. Di sela-sela paparan kinerja APBN Kita yang digelar Selasa (14/3/2023), Sri Mulyani menjelaskan faktor-faktor yang menjadi penyebab penurunan kinerja SVB sebagai bank yang khusus mendanai startup. Kondisi Tech Winter yang diperparah oleh kenaikkan suku bunga acuan The Fed, menurutnya, mempersulit SVB dalam mengumpulkan permodalan sehingga mengalami penurunan kinerja keuangan tahun lalu.