Logo Bloomberg Technoz

Lima Petahana Tumbang, Ahmad Dhani Berpotensi Lolos Jawa Timur I

Redaksi
13 March 2024 15:57

Ryan Kyoto bersama Ahmad Dhani. (Sumber: Instagram @r.kyoto)
Ryan Kyoto bersama Ahmad Dhani. (Sumber: Instagram @r.kyoto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menuntaskan rekapitulasi nasional untuk Pemilu 2024 wilayah Jawa Timur. Hal ini termasuk penghitungan suara pada Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur I yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo.

Berdasarkan peraturan KPU, dapil ini memiliki kuota 10 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Seluruh atau 10 petahana anggota legislatif pusat pun tercatat kembali menjadi caleg pada dapil ini. Separuhnya diprediksi gagal kembali ke DPR.

Partai Gerindra tercatat paling unggul dengan menguasai 543.677 suara. Merujuk pada metode Sainte Lague untuk menentukan jumlah kursi; partai besutan Prabowo Subianto ini berpeluang meraih dua kursi.

Satu nama yang berpotensi mendapatkannya adalah politikus dan pengusaha perusahaan perkapalan, Bambang Haryo Soekartono yang mendapat 190.741 suara. 

Satu kursi lainnya kemungkinan akan didaparkan pentolan Grup Band Dewa 19, Dhani Ahmad Prasetyo atau Ahmad Dhani yang mendapat 134.227 suara. Keduanya menyingkirkan petahana dari Partai Gerindra yaitu Rahmat Muhajirin.

Ahmad Dhani. (Sumber: Bloomberg Technoz/M. Fikri)