Logo Bloomberg Technoz

Portofolio Mubadala dan G42 untuk saat ini akan tetap seperti apa adanya, dengan MGX mengejar kesepakatannya sendiri yang pada awalnya didanai oleh pemerintah Abu Dhabi, kata orang-orang yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena masalah ini bersifat pribadi.

Ilustrasi kota Abu Dhabi. (Dok: Bloomberg)

MGX akan mencari mitra terbaik di tiga bidang utama - infrastruktur AI, semikonduktor, serta teknologi dan aplikasi inti AI, ujar sumber.

Keputusan untuk mendirikan MGX menambah dorongan Uni Emirat Arab untuk masuk ke sektor ini.

Negara Teluk, UEA telah lama bertujuan untuk menjadi pemimpin global dalam pengujian dan pengaturan teknologi AI, kata para pejabat.

MGX akan diketuai oleh Penasihat Keamanan Nasional UEA Sheikh Tahnoon bin Zayed Al Nahyan, dengan CEO Mubadala Khaldoon Al Mubarak sebagai wakil ketuanya.

Anggota dewan termasuk Wakil Ketua Bank Sentral UEA Jassem Al Zaabi, CEO G42 Peng Xiao dan Al Idrissi.

Abu Dhabi Wealth Funds

Perusahaan ini bergabung dengan konstelasi dana kekayaan di Abu Dhabi, salah satu dari beberapa kota di dunia yang mengelola sekitar US$1,5 triliun kekayaan negara. Mubadala, dengan aset US$276 miliar, adalah salah satu dari tiga investor yang didukung oleh negara. 

“Dengan peluncuran MGX, kita memasuki era baru di mana Abu Dhabi tidak hanya menjadi pemimpin teknologi global, tetapi juga membentuk peta jalan AI di dunia,” kata Xiao.

Mubadala menolak berkomentar. 

Dana kekayaan yang dikelola oleh Abu Dhabi, jadi salah satu yang terbesar. (Dok: Bloomberg)

G42, bagian dari kerajaan bisnis bernilai US$1,5 triliun di bawah kendali Sheikh Tahnoon. G42 menjadi yang terdepan dalam upaya AI di negara ini.

Kemitraannya termasuk dengan OpenAI, yang bekerja sama dengan perusahaan Teluk sebagai bagian dari ekspansi di UEA dan wilayah yang lebih luas.

OpenAI telah mengadakan diskusi dengan G42 untuk mengumpulkan dana untuk usaha cip baru, Bloomberg melaporkan tahun lalu.

Perusahaan ini sekarang mengurangi kehadirannya di China dan telah berjanji untuk berinvestasi di pasar negara-negara Barat untuk meredakan kekhawatiran AS atas hubungannya dengan Beijing, CEO Xiao mengatakan kepada Bloomberg News bulan lalu.

G42 akan fokus pada pengerahan modal di AS dan pasar lain di mana mitra AI utamanya beroperasi, kata Xiao.

(bbn)

No more pages