Logo Bloomberg Technoz

Ini Jadwal Pembagian Dividen BTN (BBTN) di 2024

Sultan Ibnu Affan
11 March 2024 11:10

Bank Tabungan Negara ( Dok btn.co.id )
Bank Tabungan Negara ( Dok btn.co.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk atau Bank BTN (BBTN) resmi menyepakati pembagian dividen sebesar Rp700,19 miliar, dengan nilai Rp49,89/saham dalam agenda Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan yang berlangsung Rabu (6/3/2024) lalu.

Nominal dividen BTN (BBTN) itu setara dengan 20% dari total laba bersih emiten pelat merah BUMN itu yang mencapai Rp3,5 triliun sepanjang tahun lalu.

Dengan demikian, hasil dividen BTN (BBTN) didistribusikan kepada kedua pemegang saham BBTN, yaitu pemerintah dan publik. Dalam hal ini, sebanyak 60% atau sekitar Rp420,1 miliar diantaranya bakal disetor kepada negara, sebagai pemegang saham mayoritas.

Direktur Utama BBTN, Nixon L.P Napitulu mengatakan pertimbangan perseroan dalam menetapkan persentase besaran tersebut lantaran perusahaan ingin berkontribusi lebih ke negara.

"Kenapa [kita tetapkan] angka ini? Karena kami mau kontribusi ke negara. Tahun lalu [juga] 20%. Kami coba jaga di 20% [juga tahun ini]," ujar Nixon dalam konferensi pers, Rabu (6/3/2024).

Direktur Utama BTN, Nixon Napitupulu. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)