Logo Bloomberg Technoz

Optimisme hadir bersamaan dengan sejumlah Otoritas Keuangan setempat yang responsif terhadap kejatuhan yang terjadi sebelumnya. Seperti bank sentral yang menyatakan siap membantu likuiditas Credit Suisse mencapai US$ 54 miliar.

First Republic Bank juga mendapat dukungan komitmen dari bank-bank besar di AS senilai US$ 30 miliar demi menenangkan gejolak usai nasabah melakukan penarikan dana di bank-bank regional.

Trimegah Sekuritas Indonesia berpandangan kondisi bursa saham relatif lebih baik pada hari ini. Gunjang-ganjing pada tiga bank di AS yang tengah mengalami masalah, akan berdampak minim.

Khusus industri perbankan dalam negeri relatif kuat mengingat tingginya likuiditas yang ada saat ini. Hal ini senada dengan pernyataan Bank Indonesia (BI), lewat Gubernur Perry Warjiyo.

Tren positif ini juga ikut mengangkat kenaikan pada harga komoditas global. Harga minyak naik, dan emas menuju kenaikan mingguan tertinggi sejak pertengahan Januari. Harga minyak mentah Brent Crude (ICE) kontrak Mei 2023 melesat 0,39% pada pagi ini.

(fad/wep)

No more pages