Logo Bloomberg Technoz

Pembahasan Makan Siang Gratis di APBN Tunggu Putusan KPU

Azura Yumna Ramadani Purnama
08 March 2024 19:00

Cover Fakta Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Cover Fakta Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan, pembahasan program makan siang gratis di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 masih menunggu pengumuman pemenang pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia menyebut, program makan siang gratis baru akan dibahas dalam APBN 2025 sesudah terdapat keputusan pemenang Pemilu 2024 oleh KPU. Menurutnya, APBN 2025 diperuntukan untuk pemerintah baru yang akan menjabat.

“Sekali lagi kita baru bahas di dalam APBN sesudah ada keputusan daripada KPU siapa pemerintah yang akan datang,” ujar Airlangga di kantornya, Jumat (8/3/2024).

Lebih lanjut, Airlangga mengklaim, simulasi makan siang gratis yang telah dilakukan hanya berupa belanja masalah saja, yang nantinya dijadikan landasan dalam merumuskan kebijakan.

“Pertama, tadi simulasi kan baru satu, namanya simulasi. Masih banyak simulasi lain, jadi simulasi lain tentu, kemarin kan simulasi di daerah perkotaan berikut simulasi di pedesaan, berikut simulasi di pesisir, ucapnya.