Logo Bloomberg Technoz

Kata Airlangga soal Hadiri Simulasi Makan Siang Gratis di Merauke

Azura Yumna Ramadani Purnama
08 March 2024 18:00

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menunjau simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menunjau simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan, dirinya kembali diundang Bupati Merauke untuk melihat simulasi makan siang gratis. 

“Tadi saya menerima Bupati daripada Merauke dan juga mengirimkan undangan, kalau di sana namanya tadi gerakan makan ikan,” ujar Airlangga di kantornya, Jumat (8/3/2024).

Menurutnya, simulasi makan siang gratis yang dilakukan di berbagai daerah ini merupakan inisiatif yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda). Ia mengklaim, pihaknya hanya akan belanja masalah saja, yang nantinya dijadikan landasan dalam membuat kebijakan.

“Jadi beda lagi itu semua inisiatifnya adalah dari daerah dan kami disini hanya belanja masalah aja. Jadi bagaimana nanti membuat kebijakan yang bisa dilakukan secara tepat sasaran, tepat jumlah, dan bisa dimanfaatkan oleh para pelajar,” ucapnya.

Adapun, ia menyebut, program makan siang gratis baru akan dibahas dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025  sesudah ada keputusan pemenang Pemilu 2024 oleh KPU. Menurutnya, APBN 2025 diperuntukan untuk pemerintah baru yang akan menjabat.