Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Minyak China Melambat di Tengah Era Dekarbonisasi

News
08 March 2024 15:10

Ilustrasi minyak. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi minyak. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Permintaan minyak China telah memasuki fase pertumbuhan yang rendah. Hal ini disebabkan oleh dekarbonisasi yang mulai mengurangi konsumsi bahan bakar fosil.

Lu Ruquan, presiden Lembaga Penelitian Ekonomi & Teknologi China National Petroleum Corp, mengatakan peningkatan penggunaan kendaraan listrik, serta truk berbahan bakar gas alam cair, akan menggantikan sekitar 20 juta ton atau sekitar 10%-12% dari konsumsi bensin dan diesel di negara tersebut tahun ini.

Namun, dalam wawancara dengan Bloomberg Television, Lu mengatakan permintaan keseluruhan untuk minyak mentah akan tumbuh. Dibantu oleh sektor petrokimia yang terus berkembang.

Grafik permintaan minyak di China. (Sumber: Bloomberg)

China adalah importir minyak terbesar di dunia. Perlambatan pertumbuhan permintaan tahun ini dapat menjadi penghambat harga minyak mentah internasional. Namun, ekspektasi tentang jangka waktu dan tingkat permintaan puncak tidak sesuai harapan. Bahan bakar fosil dari minyak hingga batu bara tetap menjadi yang paling mudah diakses di China, meskipun energi terbarukan berkembang pesat.