Logo Bloomberg Technoz

China Tambah Pemesanan Minyak Teluk Persia Saat Krisis Laut Merah

News
07 March 2024 16:10

Pompa minyak Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) di Danau Maracaibo di Cabimas, negara bagian Zulia, Venezuela./Bloomberg-Gaby Oraa
Pompa minyak Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) di Danau Maracaibo di Cabimas, negara bagian Zulia, Venezuela./Bloomberg-Gaby Oraa

Sharon Cho - Bloomberg News

Bloomberg, Pemesanan tanker China yang mengangkut minyak mentah dari Teluk Persia telah meningkat dalam beberapa hari terakhir, menambah tanda-tanda bahwa importir terbesar ini mengambil lebih banyak dari daerah tersebut di tengah gangguan pengiriman di Laut Merah.

Sejauh minggu ini, setidaknya 10 kapal pengangkut minyak mentah berukuran sangat besar telah dipesan untuk sementara waktu dari Teluk Persia ke China, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Tidak biasanya jumlah supertanker sebanyak itu diatur hanya dalam tiga hari. Jumlah pemesanan lebih sedikit dari itu sepanjang minggu lalu.

Rute pengiriman minyak mentah telah bergejolak tahun ini karena pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman menargetkan kapal-kapal komersial di Laut Merah, sehingga memaksa banyak pengirim untuk menghindari area tersebut dan mendorong naiknya tarif pengiriman.

Hal ini mendorong para pembeli seperti China untuk mendapatkan lebih banyak minyak mentah dari tempat-tempat yang dapat menggunakan rute-rute yang terhindar dari titik-titik rawan, termasuk pengiriman ke arah timur dari para produsen Teluk Persia seperti Arab Saudi.