Logo Bloomberg Technoz

Klaim Pengangguran AS Anjlok Terdalam Sejak Juli 2022

News
16 March 2023 20:36

Pembangunan rumah baru di Amerika Serikat (AS) semakin sepi (Bloomberg)
Pembangunan rumah baru di Amerika Serikat (AS) semakin sepi (Bloomberg)

Mackenzie Hawkins  - Bloomberg News

Bloomberg, Pengajuan tunjangan pengangguran Amerika Serikat (AS) tercatat menurun pekan lalu, terdalam sejak Juli. Kondisi tersebut sekaligus membailkkan sebagian besar lonjakan pada pekan sebelumnya akibat klaim pengangguran di New York anjlok.

Klaim pengangguran awal turun 20.000 menjadi 192.000 dalam pekan yang berakhir 11 Maret, data Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan pada Kamis. Estimasi median dalam survei ekonom Bloomberg memperkirakan adanya 205.000 penguajuan.

Klaim lanjutan, yang mencakup orang-orang yang telah menerima tunjangan pengangguran selama sepekan atau lebih, turun 29.000 menjadi 1,68 juta pada pekan yang berakhir 4 Maret. Para ekonom mengamati langkah ini dengan cermat untuk mengetahui betapa sulitnya bagi orang untuk mendapatkan pekerjaan setelah kehilangan pekerjaan. 

Tanpa penyesuaian, klaim pengangguran turun menjadi 217.444 karena New York membatalkan sebagian besar lompatannya dari pekan sebelumnya, yang mungkin disebabkan oleh liburan sekolah. Pada periode itu, pengajuan tunjangan pengangguran juga melonjak di California, di mana cuaca buruk mungkin menjadi faktor penyebabnya.