Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan Cip Terbesar di Taiwan Dukung AS Sanksi China

News
16 March 2023 19:04

Ilustrasi chip (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi chip (Sumber: Bloomberg)
Debby Wu Bloomberg News 

Bloomberg, Pemilik perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), Morris Chang, menyatakan globalisasi untuk industri cip telah berakhir. Dia memberikan dukungannya atas upaya Amerika Serikat (AS) untuk membatasi kemajuan teknologi China melalui pembatasan ekspor dan sanksi untuk perusahaan semikonduktor.

“Globalisasi dalam sektor pembuatan cip telah berakhir. Perdagangan bebas telah mati. Lihat saja daftar perusahaan China yang diembargo. Saya mendukung hal tersebut." kata Chang di sebuah acara di Taipei, Kamis (16/03/2023).

Menurut perintis industri berusia 91 tahun itu, rantai pasokan cip global akan makin tersegmentasi karena AS membatasi China untuk dapat mengakses teknologi canggih. “Saya tentunya mendukung perlambatan kemajuan China sebagai bagian dari kebijakan industri Amerika,” katanya.

Pendiri perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), Morris Chang (Sumber: Bloomberg)

Chang mengatakan teknologi pembuatan cip milik China masih tertinggal setidaknya lima hingga enam tahun di belakang Taiwan. Namun, dia juga mengingatkan Taiwan untuk tidak terlalu optimistis terhadap posisinya di AS.

Menurutnya, saat para pemimpin Amerika berbicara tentang “friend-shoring” manufaktur teknologi tinggi, Taiwan tidak termasuk dalam kebijakan itu. Penyebabnya, AS telah berulang kali menyuarakan kekhawatirannya tentang mengandalkan produsen luar negeri, salah satunya Taiwan.