Logo Bloomberg Technoz

China: Tragedi Bank AS Dipicu Regulasi Buruk & Pertikaian Politik

News
16 March 2023 19:26

Kantor Pusat Silicon Valley Bank (Sumber: Bloomberg)
Kantor Pusat Silicon Valley Bank (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Media Pemerintah China menyalahkan Amerika Serikat (AS) atas pertikaian politik dan regulasi keuangan yang buruk menyusul kasus kegagalan sektor perbankan baru-baru ini, sehingga mengeskalasi ‘adu mulut’ di tengah ketegangan yang membara antara kedua negara tersebut.

“Sementara manajemen bank yang bersangkutan harus memikul tanggung jawab paling langsung atas kesalahan manajemen perusahaan, ketiadaan atau kesalahan AS dalam pengawasan keuangan dan kebijakan makro adalah hal terpenting untuk direfleksikan dari insiden tersebut,” pejabat Kantor Berita Xinhua mengatakan dalam sebuah analisis yang diterbitkan Rabu. 

“Jungkir balik pengawasan keuangan akibat perselisihan politik domestik [di AS] benar-benar terungkap dalam insiden ini,” tambahnya, merujuk pada aturan era Donald Trump yang membebaskan perusahaan menengah dari beberapa peraturan ketat.

China sering menganggap sistem pemerintahannya lebih unggul dari AS, seperti di awal pandemi ketika virus itu menyebabkan peningkatan jumlah kematian di Amerika, dibandingkan dengan China di mana perbatasan tertutup dan pembatasan lainnya membuat sebagian besar populasinya tidak terpengaruh.