Logo Bloomberg Technoz

Houthi Disebut Rusak Kabel di Bawah Laut Merah, Ganggu Internet

News
07 March 2024 20:00

Ilustrasi pelayaran di Laut Merah. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pelayaran di Laut Merah. (Sumber: Bloomberg)

Olivia Solon dan Mohammed Hatem - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut penilaian Amerika Serikat dan sebuah kelompok industri, jangkar kapal kargo yang ditenggelamkan oleh Houthi kemungkinan besar bertanggung jawab atas kerusakan tiga kabel telekomunikasi di Laut Merah pada akhir Februari.

“Kabel-kabel tersebut terputus, kemungkinan besar oleh jangkar yang terseret dari kapal Rubymar saat kapal itu tenggelam,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby dalam wawancara di CBS News pada Rabu (06/03/2024).

Kapal Rubymar, kapal komersial berbendera Belize yang membawa 41.000 ton pupuk, terkena rudal pada pertengahan Februari di lepas pantai barat Yaman. Beberapa hari kemudian, kabel-kabel tersebut rusak di wilayah yang sama. Awak kapal meninggalkan kapal sepanjang 172 meter itu setelah menjatuhkan salah satu jangkarnya, dan kapal itu terombang-ambing selama hampir dua minggu melalui area Laut Merah yang padat dengan kabel, sebelum tenggelam pada Sabtu.

Bloomberg sebelumnya melaporkan bahwa kelompok perdagangan kabel bawah laut yang mencakup perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut memberikan penilaian serupa.